Mendapatkan bantuan dana umkm dari pemerintah untuk mendukung usaha UMKM sudah banyak tersedia. Apalagi saat di tengah masuknya produk global, membuat produk UKM ketika hanya monotonn akan kalah bersaing di pasaran. Meski pemerintah juga memberikan program pinjaman KUR BANK BNI, BRI Dan Mandiri selaku perusahaan BUMN, namun belum juga menyelesaikan masalah.

Oleh karena itu, dana dari pemerintah sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk membuat produk tetapi juga ke pasar untuk mengembangkannya. Namun, banyak UMKM yang tidak tahu cara mendapatkan bantuan dari pemerintah, sehingga terkadang mereka mengambil keputusan untuk meminjam uang di bank. Terlepas dari risikonya, bunganya bagus.

Syarat Mendapatkan Bantuan Dana UMKM dari Pemerintah

Di antara instansi pemerintah yang memberikan bantuan keuangan kepada UKM adalah Kementerian Koperasi dan Deputi Keuangan UKM. Ada lembaga berbasis keluarga sejak akhir abad kedelapan belas yang bertujuan membantu ekonomi rakyat.

Meski ada penghapusan dana bantuan sosial, Kementerian Koperasi dan UKM tetap melaksanakan program kewirausahaan bertajuk Pengusaha Pemula tahun ini. Skema yang digunakan untuk bantuan pemerintah menurut negara

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 168/PMK.05/2015 tentang mekanisme pelaksanaan anggaran bantuan pemerintah di kementerian/lembaga. Untuk petunjuk teknis lengkapnya bisa anda diunduh di bawah ini:

http://pembiayaan.depkop.go.id/index.php/public/regulasi

Persyaratan Mendapatkan Bantuan

Anda sudah memiliki bisnis start-up

Individu dengan startup produktif dan / atau pelaku bisnis dapat ditunjukkan memiliki kemampuan untuk mengembangkan bisnis dan bisnis mereka yang beroperasi setidaknya selama enam bulan dan maksimal tiga tahun melalui gambar tempat kerja pinggir jalan, visi depan, proses internal dan produktivitas jika ada. Selain dokumen yang diunggah dalam formulir PDF, ukuran file hingga 3 MB.

Belum Mendapatkan Bantuan

Dia tidak pernah menerima bantuan serupa dari Kementerian Koperasi dan UKM, sebagaimana dibuktikan dengan kesaksian tertulis yang diberikan oleh yang bersangkutan. Dokumen dimuat dalam bentuk PDF setelah ditandatangani dengan ukuran file maksimum 3 MB.

Usia maksimal 45 tahun

Jumlah maksimum pengusaha muda yang menerima bantuan dana umkm dari pemerintah adalah 45 tahun ketika proposal dibuat.

Pendidikan SLTP minimum atau setara

Calon pengusaha Muda yang mengajukan proposal telah menerima bangku SLTP minimal atau setara yang dapat dibuktikan melalui ijazah dokumen yang dapat diunduh dalam bentuk PDF dengan ukuran file maksimal 3 MB.

Mendapatkan Izin Usaha

Sudah memiliki legalitas usaha berupa izin usaha kecil (IUMK) atau sertifikat tempat tinggal dari kantor desa setempat.

Mempunyai NPWP

Peserta juga diwajibkan untuk mendapatkan nomor pokok wajib pajak (NPWP), yang masih aktif atas nama calon penerima bantuan dana umkm dari pemerintah untuk membantu dokumen yang kemudian diunggah ke formulir PDF hingga maksimal 3 MB.

Dapatkan sertifikat pelatihan

Memperoleh sertifikat pelatihan hingga dua tahun sebelum tahun anggaran saat ini yang dilakukan oleh Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan/atau Konstitusi atau lembaga yang berwenang bekerja sama dengan Deputi Sumber Daya Manusia. Dokumen ini dimuat dalam bentuk PDF dengan ukuran file maksimum 3 MB.

Anda memiliki rekening tabungan aktif dari bank pemerintah.

Calon yang mengajukan permohonan dana harus memiliki rekening tabungan aktif dari bank pemerintah seperti BRI/BNI atau Mandiri yang sesuai dengan nama calon penerima bantuan. Dokumen ini uploud dalam bentuk PDF dengan ukuran file maksimum 3 MB.

Surat Rekomendasi SKPD untuk Daerah atau Kota

Dapatkan surat rekomendasi dari kantor atau wilayah setempat yang ditandatangani oleh otoritas yang berwenang yang bertanggung jawab atas koperasi dan UKM dan usaha menengah. File dimuat dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimum 4 MB.

Proposal Bisnis

Proposal bisnis yang diusulkan telah masuk ke peserta yang menerima bantuan pemula proyek dalam bentuk PDF.

Surat rekomendasi Dari Provinsi

Anda sudah memiliki surat rekomendasi dari provinsi setempat.

Demikian penjelasan mengenai bantuan dana UMKM dari pemrintah yang dapat anda jadikan bahan referensi untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Serta dapat membantu kelancaran usaha/UMKM anda lebih baik lagi.