housingfirstinitiative.org - Pemilik kendaraan perlu mengetahui cara mengklaim asuransi mobil jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa angka kecelakaan di Indonesia masih sangat tinggi.

Tingginya angka kecelakaan disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah tingkat kedisiplinan dalam berlalu lintas yang masih sangat rendah. Hal ini membuat masyarakat harus memiliki perlindungan untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan, salah satunya adalah daftar polis asuransi.

Asuransi dapat menjadi perlindungan jika mobil Anda pernah mengalami kerusakan atau mengalami kecelakaan. Dengan polis asuransi, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya perbaikan karena asuransi akan menanggung semuanya.

Namun, untuk bisa mendapatkan klaim asuransi, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda persiapkan. Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara detail cara klaim asuransi mobil. Dengar, datang!

Jenis Asuransi Mobil

Mendaftar di asuransi bagi pemilik mobil penting karena menawarkan banyak manfaat jika mobil rusak atau bahkan hilang. Dengan asuransi, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya jika mobil mengalami kerusakan.

Bahkan jika terjadi kerugian, kendaraan dapat diganti oleh perusahaan asuransi melalui klaim asuransi kendaraan jika persyaratan klaim dapat dipenuhi.

Saat ini ada beberapa jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang ingin membeli polis asuransi kendaraan bermotor, ada dua jenis asuransi mobil terbaik 2021 yang bisa Anda pilih, yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk.

Untuk lebih jelasnya mengenai kedua jenis asuransi mobil tersebut, simak ulasannya berikut ini.

1. TLO (Total Loss Only)

TLO atau Total Loss Only memiliki arti harfiah “(jika) kerugian total”. Artinya, klaim asuransi hanya dapat diajukan jika terjadi “kerugian total”. Asuransi mobil berarti kerugian total jika kerusakan kendaraan lebih dari 75% atau kerugian karena pencurian atau penyitaan.

Apabila kerugian yang dideritanya kurang dari ketentuan yang ditetapkan, maka cara klaim asuransi kendaraan tidak dapat diterapkan. Standar 75% digunakan karena dipastikan kendaraan tidak dapat digunakan.

Keuntungan dari asuransi TLO:

  • Biaya premi bulanan rendah
  • Tanggung jawab dapat diperluas

2. All Risk

Semua risiko memiliki arti harfiah ‘semua risiko’. Ini adalah metode klaim asuransi mobil dimana perusahaan asuransi akan membayar semua jenis klaim kerusakan, mulai dari kerusakan ringan dan kerusakan besar hingga kerugian.

Dengan membayar premi rutin yang ditentukan oleh pihak asuransi, Anda bisa mendapatkan perlindungan lengkap untuk mobil kesayangan Anda. Jenis asuransi ini sangat ideal untuk mobil atau kendaraan bernilai tinggi. Pasalnya jika hanya terjadi kerusakan lecet saja, Anda bisa mengajukan klaim jika memilih jenis asuransi all risk ini.

Keunggulan Asuransi All Risk:

  • Menanggung resiko kerusakan kecil hingga besar
  • menanggung kehilangan mobil
  • Perlindungan jika terjadi kecelakaan
  • Tanggung jawab dapat diperluas

Kerugian dari asuransi semua risiko:

  • Biaya bulanan mahal

Pada dasarnya TLO dan asuransi all risk sama pentingnya untuk melindungi kendaraan dari risiko kerusakan atau kehilangan. Namun pastikan untuk memilih jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Pasalnya, ada premi bulanan yang harus dibayarkan sebagai jaminan jika kendaraan suatu saat membutuhkan klaim asuransi. Selain itu, jangan lupa untuk memilih polis asuransi yang terpercaya agar terhindar dari hal-hal yang merugikan dan memudahkan saat ingin mengajukan klaim asuransi mobil.

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Menemukan mobil kesayangan Anda rusak meski sedikit tergores pasti akan membuat pemiliknya tidak nyaman. Untuk pemilik mobil dengan asuransi all-risk, bahkan mobil kecil yang tergores pun dapat mengajukan klaim asuransi untuk biaya perbaikan.

Cara klaim asuransi mobil palsu sebenarnya sangat mudah jika Anda bisa menyiapkan dokumen dan persyaratan untuk proses aplikasinya. Untuk lebih jelasnya cara mengajukan klaim mobil tergores, simak langkah-langkah berikut ini.

1. Laporkan ke Pihak Asuransi

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin mengajukan klaim mobil tergores adalah melaporkannya ke pihak asuransi terlebih dahulu. Bila mobil mengalami penyok, hubungi langsung pihak asuransi melalui telepon atau surat untuk mengajukan laporan.

Selanjutnya, dokumentasikan part mobil yang basah untuk dilampirkan pada proses klaim. Setelah menerima laporan, perusahaan asuransi akan menyiapkan laporan pengajuan dan menunggu dokumen yang diperlukan untuk dibawa sebagai syarat cara klaim asuransi mobil ini.

2. Lampirkan Bukti Foto Bagian yang Lecet

Saat ingin mengajukan klaim, jangan lupa untuk memotret bagian-bagian mobil yang tergores atau rusak. Gambar ini akan menjadi bukti pada saat pelaporan dan harus dilampirkan pada berkas persyaratan pengajuan.

Jangan lupa untuk memberikan informasi yang jujur ​​mengenai kronologis kejadian agar kendaraan dapat mengalami kerusakan agar klaim asuransi dapat diterima.

3. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah menyerahkan laporan dan mendokumentasikan kondisi mobil yang tergores, cara klaim asuransi mobil selanjutnya adalah dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Dokumen yang diperlukan untuk klaim asuransi mobil manja antara lain fotokopi STNK, fotokopi SIM, fotokopi polis asuransi, formulir klaim asuransi dan surat keterangan polisi yang menyatakan mobil tergores karena kecelakaan.

Siapkan semua dokumen dalam satu file yang nantinya akan ditransfer ke kantor asuransi untuk proses pengajuan klaim asuransi kerusakan.

4. Isi Form untuk Pengajuan Klaim Mobil Lecet

Setelah dokumen persyaratan siap, Anda bisa langsung mengajukan klaim asuransi. Cara klaim asuransi mobil selanjutnya adalah dengan mengisi formulir aplikasi yang telah disiapkan oleh perusahaan asuransi.

Anda dapat mengisi formulir asuransi secara online atau dengan datang langsung ke kantor asuransi. Saat ini sudah banyak polis asuransi yang menyediakan fasilitas klaim asuransi digital untuk mempermudah proses pengajuan. Setelah formulir siap, perusahaan asuransi akan memeriksa apakah mobil rusak.

5. Sampaikan Informasi dan Kronologi Kejadian

Untuk menentukan apakah Anda bisa mendapatkan klaim mobil bekas, pihak asuransi akan menanyakan kronologis kejadiannya. Komunikasikan informasi kronologis kejadian secara jujur ​​dan konsisten agar klaim motor dapat diterima. Jika perlu, perusahaan asuransi akan mengecek kerusakan langsung di bengkel rekanan.

6. Pantau Progress Pengajuan Klaim

Umumnya, pihak asuransi tidak akan segera mengambil keputusan apakah Anda akan mengajukan klaim atau tidak. Karena itu, Anda harus selalu memantau perkembangan pengajuan klaim baik melalui aplikasi resmi atau menghubungi layanan pelanggan untuk memeriksa statusnya. Jika metode klaim asuransi kendaraan diterima, segera kunjungi bengkel mitra kami untuk memperbaiki kendaraan yang rusak.

7. Gunakan Jasa Bengkel Rekanan

Klaim asuransi mobil hanya dapat digunakan di bengkel mitra asuransi. Jika asuransi disetujui, segera ke bengkel rekanan terdekat untuk diperbaiki. Bengkel akan melakukan perbaikan sesuai dengan klaim yang disetujui oleh perusahaan asuransi. Jika ada bagian yang tidak disetujui, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua klaim asuransi mobil yang dilakukan saat kendaraan mengalami kerusakan diterima oleh perusahaan asuransi. Asuransi hanya akan menerima klaim jika pemohon telah melengkapi semua dokumen yang dipersyaratkan.

Jika kerusakan kendaraan disebabkan oleh kelalaian pengemudi, seperti mengemudi dalam keadaan mabuk atau tanpa Surat Izin Mengemudi, maka klaim asuransi pasti akan ditolak.

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Kebutuhan lalu lintas yang tinggi terkadang membuat orang rela mengambil kredit mobil untuk memenuhi kebutuhannya. Meski masih dalam masa kredit, mobil tetap bisa mendapatkan klaim asuransi jika mengalami kerusakan. Berikut cara klaim asuransi mobil meski masih kredit.

1. Segera Lapor Jika Terjadi Kerusakan

Meski masih dalam masa kredit, kemungkinan mobil akan tergores atau rusak. Di sinilah manfaat asuransi mobil bagi pemiliknya. Bagi pemilik mobil kredit yang ingin mengajukan klaim, segera laporkan segala kerusakan pada perusahaan asuransi.

Ceritakan juga kronologis kejadian hingga kendaraan mengalami kerusakan. Jangan lupa untuk memotret bagian-bagian mobil yang rusak untuk digunakan sebagai tanda menyerah.

2. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Selanjutnya siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang diperlukan untuk klaim asuransi mobil kredit antara lain fotokopi STNK, dokumen asuransi kendaraan, fotokopi SIM dan surat keterangan dari polisi yang menyatakan bahwa kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 70%. Letakkan semua dokumen pada file yang akan dibawa ketika persyaratan dokumen klaim diperiksa di kantor asuransi.

3. Ajukan Klaim Secara Digital

Di zaman yang semakin kompleks ini, proses pengajuan klaim kendaraan sudah bisa dilakukan secara online. Saat ini sudah banyak polis asuransi yang menyediakan cara klaim asuransi kendaraan melalui aplikasi untuk mempermudah proses pengajuan klaim kerusakan kendaraan.

Untuk mendaftar, cukup masuk ke aplikasi yang diajukan dan kemudian isi formulir klaim yang diajukan. Jangan lupa untuk mengunggah foto kerusakan kendaraan sebagai bukti untuk mengajukan klaim ganti rugi. Namun jika klaim ditolak secara digital, tidak ada salahnya mencoba datang langsung ke kantor asuransi dengan membawa dokumen yang dibutuhkan.

4. Pantau Progress Pengajuan Klaim Menggunakan Aplikasi

Setelah proses aplikasi berhasil, terus pantau perkembangan pengajuan klaim. Anda dapat memeriksa kemajuan aplikasi melalui aplikasi yang diajukan oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu, pemohon tidak perlu lagi bolak-balik ke kantor asuransi untuk melihat perkembangan pengajuan klaim.

Di masa pandemi ini, cara klaim asuransi mobil menggunakan aplikasi ini sangat membantu untuk menghindari kontak dengan banyak orang. Namun, biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mengajukan klaim digital daripada datang langsung ke kantor asuransi.

5. Datangi Langsung Kantor Asuransi

Tidak semua orang yang melakukan klaim asuransi mobil melalui aplikasi berhasil dan diterima. Jika pengajuan klaim dalam aplikasi tidak diproses atau bahkan gagal, satu-satunya cara adalah dengan datang langsung ke kantor asuransi.

Jangan lupa untuk membawa dokumen yang diperlukan termasuk dokumen kerusakan kendaraan. Proses klaim akan diproses di kantor asuransi pada hari yang sama sehingga Anda tidak perlu menunggu lama. Jika klaim diterima, kendaraan akan segera diterima untuk diperbaiki.

Perlu ditegaskan bahwa cara klaim asuransi kredit mobil ini hanya bisa dilakukan untuk pembelian mobil baru. Selama proses pengajuan kredit mobil, biasanya pihak kreditur akan segera mendaftarkan asuransi untuk melindungi mobil Anda meskipun masih dalam masa kredit.

Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir jika mobil mengalami kerusakan selama masa kredit karena Anda tetap bisa melakukan klaim asuransi.

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil all risk merupakan salah satu jenis asuransi yang paling banyak digunakan, terutama bagi pemilik mobil dengan harga lebih mahal. Dengan jenis asuransi ini, perusahaan asuransi dapat mengklaim segala macam kerusakan mulai dari kerusakan kecil hingga besar bahkan kerugian. Klaim semua asuransi mobil terhadap risiko juga tidak sulit, langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Lampirkan Foto Klaim Kerusakan Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan jika Anda ingin mengklaim semua asuransi mobil Anda adalah mendokumentasikan kerusakan sekecil apa pun. Segera beri tahu perusahaan asuransi dengan mengirimkan foto untuk membuktikan klaim kerusakan.

Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti fotokopi STNK, SIM, dokumen asuransi hingga surat keterangan dari polisi bahwa mobil tersebut rusak karena kecelakaan.

2. Jika Sedang di Luar Kota, Hubungi Agen Asuransi

Cara klaim asuransi all auto risk tidak harus dilakukan di kota tempat Anda mengajukan asuransi. Namun, jika Anda berada di luar kota, Anda tetap dapat mengajukan klaim asuransi apabila kendaraan mengalami kerusakan.

Caranya, hubungi agen asuransi Anda dan beri tahu timeline sampai mobil rusak. Jika klaim asuransi diterima, agen asuransi akan merekomendasikan bengkel rekanan yang ditunjuk di kota.

3. Isi Formulir Klaim Asuransi yang Tersedia di Bengkel

Setelah mendapatkan rekomendasi bengkel untuk klaim asuransi, isi formulir klaim yang tersedia di bengkel. Jangan lupa untuk membawa dokumen persyaratan klaim kendaraan untuk segala resiko yang akan dipersyaratkan nantinya.

Selanjutnya workshop akan melanjutkan proses pengajuan klaim ke agen asuransi. Jika metode klaim asuransi kendaraan diterima, bengkel akan segera melakukan perbaikan kendaraan yang rusak.

4. Ajukan Konfirmasi Klaim Kepada Pihak Asuransi

Jika formulir klaim dan persyaratan terpenuhi, pihak bengkel akan memberikan konfirmasi kepada agen asuransi. Bengkel akan segera melakukan perbaikan mobil yang rusak.

Dengan mengajukan klaim asuransi mobil seperti ini akan memudahkan pemilik asuransi untuk mengajukan klaim di mana saja, kapan saja, bahkan saat sedang berada di luar kota.

Di zaman sekarang ini, melindungi aset seperti mobil dengan asuransi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Risiko kecelakaan di jalan sangat tinggi, jadi Anda harus memiliki perlindungan jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Dengan asuransi, Anda tidak perlu khawatir jika mobil mengalami kerusakan karena Anda bisa mengajukan ganti rugi dengan klaim asuransi mobil. Namun pastikan untuk memilih jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda agar lebih aman.