Housingfirstinitiative.org - Membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memiliki mobil sendiri, namun dana terbatas. Saat ini harga mobil bekas di pasaran sedikit bervariasi, mulai dari puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah. Namun, anda harus tau cara membeli mobil bekas berkualitas dengan benar.

Bagi yang ingin membeli tinggal menyesuaikan dana yang tersedia dan mulai mencari mobil sesuai keinginan. Namun dalam mencari mobil bekas ini, calon pembeli juga harus memperhatikan beberapa hal agar tidak salah dalam membeli mobil impiannya.

Cara Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Jangan sampai, mobil yang Anda beli akan menguras kantong karena harus mengeluarkan banyak uang untuk perbaikan dan perawatan. Pengelola pusat penukaran mobil bekas di WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih memberikan sejumlah tips kepada para pemula yang ingin membeli mobil bekas agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Berikut beberapa tips memilih mobil bekas.

1. Mencari showroom dengan stok mobil banyak

Herjanto mengatakan cara membeli mobil berkualitas pertama yang harus dilakukan ketika ingin membeli mobil bekas adalah pergi ke showroom dengan stok mobil yang banyak. Menurutnya, dengan pasokan mobil yang besar, tentunya akan memberikan lebih banyak pilihan bagi calon pembeli.

Calon pembeli harus bersemangat untuk bertanya, semakin banyak pertanyaan yang mereka ketahui tentang kendaraan. Jangan hanya ke satu showroom, lakukan penggantian.

Selain itu, Hartono juga berpesan jika telah menemukan mobil yang tepat sesuai dengan keinginan anda, baiknya untuk membeli produk asuransi mobil terbaik untuk mengurangi risiko kerugian pada mobil bekas yang anda beli.

2. Test drive

Cara membeli mobil bekas berkualitas berbeda dengan membeli yang baru, salah satunya adalah melakukan test drive. Dengan mengalaminya secara langsung, calon pembeli bisa mengetahui kondisi mobil saat berkendara. “Lakukan live drive test untuk melihat kondisi mobil saat digunakan, cara berkendara, kaki-kaki dan lainnya,” kata Herjanto.

3. Bawa ahli

Bagi para pemula terutama yang belum mengetahui tentang mesin mobil, tidak ada salahnya mendatangkan ahli yang sudah familiar dengan mesin. Dengan pengalamannya, mekanik akan dapat mengetahui kondisi mobil bekas, termasuk apakah ada kerusakan atau kekurangan di kemudian hari.

Dapatkan seseorang yang mengerti mesin, lalu periksa. Atau dibawa langsung ke bengkel resmi seperti Toyota, dan bisa dibawa ke bengkel.

4. Perhatikan sejarah perawatannya

Herjanto mengatakan meskipun menggunakan mobil, jika pemiliknya melakukan perawatan yang baik dan rutin, akan tetap dalam kondisi baik. Kondisi ini juga tidak bergantung pada jarak yang ditempuh kendaraan.

“Menurut saya jarak itu tidak penting atau penting, yang terpenting perawatan. Semakin baik perawatannya, semakin baik kondisi mobilnya,” ujarnya.

5. Kelengkapan surat

Calon pembeli juga tidak lupa mengecek kelengkapan dokumen kendaraan yang akan dibeli. Jika perlu, validasi pesan dengan aplikasi online yang mudah diakses. “Jangan lupa cek pesannya, bisa dicek secara online,” ujarnya.