Housingfirstinitiative.org - Terjerumus dalam jebakan pinjaman online ilegal dapat berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat. Atas dasar ini, ada baiknya untuk mengetahui ciri-ciri pinjaman online ilegal agar Anda tidak terjebak di dalamnya.

Ciri Ciri Pinjaman Online Ilegal

Mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ojk.go.id, berikut ciri-ciri pinjaman online ilegal:

  • Tidak terdaftar/berizin dari OJK
  • Penawaran menggunakan SMS/WA
  • Bunga dan denda tinggi mencapai 1-4 persen per hari
  • Biaya tambahan lainnya tinggi bisa mencapai 40 persen dari nilai pinjaman
  • Jangka waktu pelunasan singkat tidak sesuai kesepakatan.

Meminta akses ke data pribadi seperti kontak, foto, video, lokasi dan sejumlah data pribadi lainnya yang digunakan untuk mengintimidasi peminjam secara default. Melaksanakan RUU yang tidak etis berupa terorisme, intimidasi dan pelecehan. Tidak memiliki layanan pengaduan dan identitas kantor yang jelas.

Modus yang Dipakai Pinjaman Online Ilegal

Setelah mengetahui ciri-ciri pinjaman online ilegal, ada baiknya mengetahui situasi yang sering digunakan aplikasi pinjaman ilegal untuk menjerat korban. Bahkan menggunakan mode penawaran WA/SMS.

Biasanya perusahaan pinjaman melakukan penawaran melalui SMS atau WA menggunakan nomor yang tidak dikenal. Tawaran mereka beragam, salah satunya mengklaim pengajuan pinjaman bisa dilakukan tanpa syarat apapun.

Bahkan, pinjaman legal teknologi keuangan yang terdaftar dan berlisensi OJK dilarang menawarkan penawaran melalui fasilitas komunikasi pribadi tanpa persetujuan pengguna.

Modus Transfer Langsung ke Rekening Korban Pinjaman online ilegal biasanya mentransfer sejumlah uang langsung ke rekening korban, meskipun korban tidak pernah meminjam uang dari pinjaman ilegal yang melakukan transfer.

Maksud dari tindakan ini adalah agar perusahaan dapat mengintimidasi korban dan menagih denda jika mereka terlambat. Mereka biasanya mengiklankan produknya menggunakan nama yang berbeda hanya spasi, satu huruf, huruf besar/kecil, mirip dengan fintech lending legal untuk mengelabui korban.

Bahkan, banyak pola yang memasang logo OJK dalam iklannya untuk mengelabui calon korban. Oleh karena itu, jika memang harus melakukan pinjaman sebaiknya menggunakan Pinjaman Verified OJK.

OJK mengungkapkan ada 124 perusahaan pinjol resmi OJK bunga rendah yang terdaftar dan berizin per 29 Juni 2021. OJK juga mengimbau masyarakat untuk selalu mengecek keabsahan perusahaan pinjaman online sebelum mengambil keputusan untuk menawarkan. pinjaman.

Hal ini diperlukan agar tidak ada lagi korban pinjaman liar. “OJK menghimbau kepada masyarakat untuk hanya menggunakan pinjaman online yang terdaftar/lisensi resmi OJK dan selalu mengecek legalitas pinjaman dengan menghubungi 157/WhatsApp 081157157157.

OJK akan menindak tegas perusahaan pinjaman online legal yang melakukan tindakan penagihan yang tidak etis (debt collector),” demikian keterangan resmi OJK yang dilansir Kamis (2/9/2021).